Sabtu, 12 Mei 2012

antara bangun kesiangan, anak SD, dan kelinci


Well, gue mau cerita pengalaman gue hari ini.. Jadi, ceritanya, gue jadi salah satu panitia aksi cinta lingkungan hidup. Nah, kami mau ngadain penyuluhan tentang tanaman herbal, dan cara menanam tanaman ke SD Pangudi Luhur Yogyakarta. Acaranya diadakan hari ini, hari Sabtu 12 Mei 2012, jam 07:45 pagi. Panitia harus udah kumpul di kampus jam 6 pagi, trus berangkat ke SD PL yang kira-kira jaraknya 20 menit dari kampus kalo pake motor. Artinya, gue harus bangun jam 5 pagi buat siap-siap. Dan gue ragu apa gue bisa bangun jam segitu di hari sabtu. Sabtu, itu kan hari libur nasional. Huh. Jadilah, malam sebelumnya, gue rela nggak nonton Indonesian Idol sampai selesai. Nggak lupa pasang alarm jam 04:45 dan reccurent alarm jam 05:00. Setelah pasang alarm, gue tidur. Kemudian.... dok dok dok.. “Tik, Tika..” gue denger suaranya Anas temen gue, perasaan gue nggak enak, emang udah pagi ya? gue bangun, lihat jam, kaget, 05:53. Oh men.... GUE KESIANGAN. “Anas..aku kesiangan..belum mandi..” kata gue. “Ya udah, buruan mandi..aku tunggu di bawah.” Buru-buru gue ambil pakaian dalem dan segala macam, ngibrit ke kamar mandi, sambil mandi kilat gue menyesali kenapa alarm gue nggak becus ngebangunin gue. Harusnya lu bersuara lebih keras, alarm. Huh. Walaupun mandi kilat, untung gue sempet sikat gigi.
Langsung buru-buru siap-siap, pake bedak dikit, walaupun kesiangan, penampilan juga harus sedikit diperhatikan. Lotion gue bawa di tas, karena nggak sempet ngoles2 tangan pake lotion sambil nyanyi kayak biasanya, ntar aja pakenya di jalan. Nyisir ala kadarnya, dan gue merasa sangat beruntung kemaren gue potong rambut, karena nggak perlu ribet ngurusnya kalo buru-buru begini. Akhirnya jam 06:05 gue udah siap berangkat ke kampus. Hebat kan, persiapan hanya 10 menitan. Itu rekor baru gue. Hahahaha. Nyampe kampus, ternyata si Ori temen gue belum dateng. Jadi, kami nungguin yang belom dateng duluk. Akhirnya jam 06:23 cuss ke SD PL. Molor 20 menit, dan gue rasa gue salah satu tersangkanya. Hahaha. Di jalan gue kembali gelisah, hari ini, gue bakal mendampingi anak-anak SD. Lo tau, gue nggak suka anak kecil, apalagi kalo lagi cerewet2nya begitu. Duh, semoga gue bisa jadi pendamping yang baik.
Setelah sampe, persiapan dulu. Kemudian panitia stand by di posnya masing2. Gue bertugas untuk mengajari anak-anak SD bagaimana menanam tanaman. Kloter pertama, anak2 kelas 5 PL1. Gue bareng Anas dan Ori, sama satu lagi gue lupa namanya, berusaha menertibkan anak-anak itu dan lumayan susah. Akhirnya gue deketin anak-anak barisan belakang dan gue ajak untuk baris rapi. Karena mereka cerewet, akhirnya gue malah diajak ngobrol, “Kakak semester berapa?”, “Kakak, Om-ku juga kuliah disana lho.” Bla..bla..bla.. gue tanggepin aja tuh pertanyaan mereka, itung2 untuk beradaptasi sama mereka. Akhirnya, waktu pembagian kelompok kecil untuk tanam pohon, salah satu anak yang ngobrol sama gue tadi, namanya Ivanka teriak, “Aku sama kakak itu aja.” Sambil nunjuk ke gue. Hahaha. Asik..berarti gue sudah mulai bisa beradaptasi dengan mereka. Jadilah gue bisa mendampingi anak-anak kelas 5 PL1 dengan baik. Trus istirahat. Disaat temen-temen gue ngajakin anak-anak SD itu main, gue duduk aja bareng panitia lain. Gue bingung kalo ngajak anak kecil main.
Kloter kedua, anak-anak kelas 4 PL1. Yang ini.. bringas men!! Susah bener diatur. Disuruh baris aja pada lari kemana2. Gue inget banget ni tadi si Rizard, Jovan, dan Ricard, susah bner disuruh baris. Ampun dah. Dan saat gue ngajak nanem tanaman, kelompok gue tu isinya cowok semua. Duh. Dan mereka itu, cerewetnya melebihi burung betina. Jadi waktu gue kasih tau kalo pohon yang mereka tanem itu namanya pacar air, langsung deh pada cerewet, “Kak, berarti kalo dimakan, bisa jadi lengket sama pacarnya ya?”, “ Kak, berarti pohonnya suka pacaran ya?”, “Kak, berarti batangnya banyak airnya donk?” oh men... ni anak kecil udah ngerti aja pacaran. Dengan sabar gue jelasin tuh poon gunanya buat apa. Masih aja dijawab aneh-aneh. Ngeselin sih, tapi lucu. Ngekek gue denger celotehan mereka. Hahahaha. Akhirnya acara selesai dengan baik.
Pulangnya, gue mampir kost Sela bentar, trus balik ke kost. Langsung tidur sambil mendengar berita pencarian korban Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di gunung Salak. Gara-gara liat puing2nya di tivi, gue jadi nggak tega dan memilih tidur. Beberapa jam gue tidur, ada bunyi kletek2. Berita tentang korban Sukhoi masih terdengar di Breaking news Metro tv. Nah lo, apaan ni di kamar gue, masak korban Sukhoi gentayangan disini, nggak mungkin ah. Akhirnya gue melek, dan tampaklah kelincinya Sela yang kemaren dititipin ke gue udah nangkring di atas kasur sambil gigit2 remote tivi. Gimana lo bisa keluar, ci? Hah. Besok kandang lo gue gembok.
nih, kelincinya Sela..

Begitulah, hari ini penuh kejadian konyol termasuk ketendang mbak2 yang mau naik motor pas pulang dari Gereja. Hahaha. foto2 sama adek2 SD, gue upload lain kali ye..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar