Senin, 28 Mei 2012

Hamster


            Kemaren habis nonton ngulik, ngebahas tentang anjing Siberian huski dan mini pom, bikin gue tambah ngebet buat melihara anjing. Sayang di kost gue dilarang bawa anjing. Dari kecil gue suka hewan, terutama yang berbulu. Waktu gue kelas 3 SD gue udah dipercaya Ibu untuk melihara hewan sendiri. Artinya gue yang harus ngurus hewan itu, gue yang harus ngasih makan, dan lain-lain. Dan pet pertama gue adalah kucing kampung, gue kasih nama Kitty. Gue sayang banget sama Kitty, dia manja banget sama gue. Tiap pagi Kitty naik ke ranjang gue buat ngebangunin gue. Tapi yang namanya kucing, kadang nakal juga. Nggak jarang gue dicakar ampe berdarah, tapi gue tetep sayang sama Kitty. Saking sayangnya, gue hampir nangis waktu Ibu ngasih hukuman buat Kitty. Waktu itu Kitty nyolong teri di dapur, dan Ibu marah. Mulut Kitty di olesin cabe sama Ibu. Hadeh, Mami....kasian dong.

ini gue waktu kecil bareng si Kitty

Dan akhirnya pet gue nggak cuma kucing. Ada kura-kura, namanya Kurli (kura-kura kali), ada ikan mas koki, ada anjing, namanya Brownie. Kalo ikan sama anjing sih pet keluarga, jadi serumah ikut melihara dan ngurus. SMP dan SMA, gue udah nggak tinggal dirumah, gue tinggal di asrama, jadi selama itu, gue nggak punya pet. Sampai akhirnya gue kuliah dan tinggal di kost, gue di hasut sama Sela untuk melihara hamster. Tadinya gue nggak pernah kepikiran untuk melihara hamster. Hamster itu kan sejenis tikus, dan gue nggak suka tikus. Tapi gara-gara tampang memelasnya Sela yang merengek-rengek minta beli hamster, akhirnya gue mau patungan sama dia buat beli seperangkat kandang hamster, dan 2 ekor hamster. Hamster pertama gue, jenis Sirian, namanya Flip dan Flop. Flop punya gue, dan Flip punya Sela. Lama-lama gue suka juga sama hamster. Kelakuan mereka itu lucu, apalagi kalo udah muter-muter di mainan bundernya itu.

si flip&flop
10 hari kemudian Flop mati, gatau gara-gara apa. 2 bulan kemudian, Flip sakit. Badannya kayaknya gatel-gatel gitu, trus lama-lama muncul koreng-koreng kering gitu. Gue bawalah si flip ke dokter hewan. Katanya flip kena Scabies. Mungkin karena kandangnya kurang bersih. Si Flip disuntik, nggak tau disuntik apaan, trus si dokter bilang kalo flip harus sering-sering dijemur, tapi jangan terlalu panas dan gue juga harus rajin ngebersihin lukanya. Kalo pas ngebersihin lukanya berdarah, dokter bilang kasih aja Bioplasenton.  Akhirnya, tiap pagi, kandang flip gue tarok diluar biar dia kena sinar matahari, trus gue bersihin lukanya, tapi lama-lama gue nggak tega karena pas gue bersihin dia terlihat kesakitan. Akhirnya gue biarin aja. Flip bertahan selama kira-kira 1 bulan, kemudian dia mati waktu gue baru pulang dari Misa wafatnya Tuhan Yesus. Dan gue nangis. Men..itu kan hamsternya Sela, kenapa gue yang nangis? Hadeh...
Sano&Sunmy
Trus, kandang hamter pun sepi. Sela ngajak beli hamster baru. Karena gue jadi suka hamster, gue pun mau bekerjasama sama Sela untuk membeli seperangkat kandang baru dan hamster baru. Pergilah kami ke Sunmor. Sunmor itu Sunday Morning. Adanya tiap Sunday doang, di jalanan deket kampus UGM sono, jual macem-macem, dari baju sampai hamster ada disana. Akhirnya, kami beli 2 ekor hamster champbel, kami kasih nama Sano dan Sunmy. Beberapa bulan kemudian Sunmy mati. Gue beli 1 ekor lagi, nitip sama Anas temen kos gue. Dia beliin gue 1 ekor champbel albino, gue kasih nama Sani. Sano dan Sani kawin. Hasil kerja keras mereka menghasilkan 1 ekor champbel grey dan 1 ekor champbel coklat. Gue kasih nama Cindil dan Cundul. Sani kemudian menghasilkan anak lagi, tapi dimakan sendiri sama dia. Cindil dan cundul pun tumbuh besar. Sano mati disusul sani yang mati juga beberapa hari kemudian.


Sani
Gue termasuk males kalo melihara hamster. Tapi gue suka hamster. Gue males bersihin kandangnya, gue males ngasih makan. Hamster2 gue biasa makan 1 kali sehari. Hahaha. Dan gue juga termasuk ceroboh. Gara-gara kecerobohan gue, kaburlah si Cundul dan Cindil gara-gara gue lupa nutup kandang. Dan sepi lah kandang hamster gue setelah mereka kabur. Berniat beli lagi sih, tapi lagi dilanda bokek waktu itu. Nunggu aja dah, sapa tau bisa dapet gratisan. Eh, ternyata bener. Indah, temen SD gue ngenalin gue ke temennya yang juga hobi pelihara hamster. Dan orang itu ternyata baik. Dia mau ngasih sepasang hamsternya buat gue. Dia punya 27 ekor hamster. Hahaha. Hamster baru gue, jenisnya normal dan violet. Namanya Snif dan Snuf. J
Snif&Snuf
Ini dia aksi lucu hamster-hamster gue:
gaya tidur hamster paling aneh yang pernah gue liat. Ini si Sani.

gaya tidurnya Sunmy

gaya tidurnya Sano


Flip

Flip



Tidak ada komentar:

Posting Komentar