Jumat, 25 Mei 2012

Di kala bokek melanda


            Semalem, gue keluar kost kayak orang linglung. Gue mau cari makan, tapi gue bingung mau makan apa. Uang di dompet tinggal Rp 61.500 sampe akhir bulan. Gile kan... uang segitu harus gue cukup-cukupin buat kira-kira seminggu. Berarti, makan gue harus dikontrol. Jangan yang mahal-mahal. Gue targetin Rp 10.000 sehari, bila perlu di bawah 10 ribu. Untungnya, gue tinggal di Jogja. Di Jogja, lo masih bisa makan 2 kali sehari dengan uang 10 ribu. 3 kali pun bisa sebenarnya. Coba kalo gue di Jakarta, makan apa gue?
            Akhirnya, gue memutuskan untuk berjalan ke angkringan. Lo tau angkringan? Gue rasa, itu cuma ada di Jogja. Angkringan itu tempat makan. Tempatnya kecil, cuma ada gerobak dorong, kursi panjang dengan lampu remang-remang. Tapi jangan salah, di Jogja angkringan jadi salah satu tempat nongkrong favorit karena makanan yang dijual murah meriah. Di angkringanlah kita bisa membeli yang namanya nasi kucing. Lo tau nasi kucing? Itu nasi bungkus dengan porsi mini, kayak porsi makan untuk kucing. Lauknya di dalem nasi kucing macem-macem. Ada yang isinya teri, tempe, atau sambel. Dan gue rasa nasi kucing juga cuma ada di Jogja, tapi mungkin sekarang sudah banyak orang yang memgembangkan usaha angkringan juga di luar Jogja. Nasi kucing harganya cuma seribu sebungkusnya. Lo bisa nambah lauk yang lain, ada sate usus, tempe bakar, sate kerang dan lain-lain, yang harganya juga cocok untuk orang bokek kayak gue.

kayak gini nih yang namanya angkringan

Nyampe di angkringan, ternyata rame. Isinya cowok semua dan gue jadi males makan disitu. Gue lirik warung burjo di sebelah angkringan, biasanya dipenuhi cowok-cowok juga, tapi waktu itu sepi, jadilah gue ke burjo aja. Burjo itu singkatan dari bubur kacang ijo. Di warung itu memang jual bubur kacang ijo, tapi, nggak cuma itu aja yang dijual. Banyak menu makan lain yang harganya juga cocok buat yang kantongnya kering kayak gue. Ada nasi telur, nasi goreng, nasi sarden, dan lain-lain. Akhirnya gue memesan nasi telur, harganya 4ribu, dan porsinya mengenyangkan banget. Ada sayurnya, sambel, dan tentu saja telur, yang didadar.

nih menu makan gue semalem

Oke, masalah makan hari ini kelar. Uang tinggal Rp 57.500, masih ada kira-kira 6 hari lagi menuju akhir bulan, dan kebutuhan gue nggak cuma makan. Baiklah... sepertinya memang lebih baik bilang ke Ibu aja kalo uang habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar