Selasa, 29 Mei 2012

Orang-orang di sekitar gue


            Di blog gue ini ada banyak nama yang gue sebut, tapi gue belum ceritain ya siapa aja mereka.. gue ceritain ya...

Ibu & Bapak
            Mereka lah yang sudah bekerja keras membuat gue. Hahaha. Orang yang paling bisa menerima gue apa adanya. Ya iyalah gue anaknya. Kata mereka, gue tu anak bonus. Tadinya mau udahan tu anaknya 3 aja. Eh, mbrojol lagi 1. Untungnya cantik ya yang mbrojol. Hahaha. Kata Ibu, dulu gue hampir lahir di bis. Iya. Bis antar kota dalam provinsi (AKDP). Jarak rumah gue ke rumah sakit tu sekitar 2 jam gitu, dan Ibu udah ngerasa kontraksi waktu bisnya belum nyampe Rumah Sakit. Nah setelah naik bis, masih harus naik angkot dulu buat nyampe RS. Mana tau sendiri lah, angkot kan suka ngetem2 gitu. Untuk mengatasi biar hal2 yang tidak diinginkan tidak terjadi (baca: biar gue kagak mbrojol di bis), akhirnya si Bapak nyewa angkot buat ngebut ke Rumah Sakit, dan lahirlah gue dengan selamat. Kata Ibu, kalo gue lahir di bis, gue mau dinamain Puspa Sari, karena nama bisnya waktu itu adalah Puspa Sari. Oke Mami, untung waktu itu naik bis yang namanya bagusan dikit, kalau misalnya memang saat itu anakmu ini lhir di bis, dan nama bisnya Maju Lancar, apakah diberi nama Maju Lancar juga?? -____-
Dan ternyata gue dulu digosipin kembar, men. Dokter bilang Mami gue mengandung anak kembar. Tapi Om gue yang di Jogja, yang katanya bisa ‘menerawang’, nggak percaya kalo ntar gue kembar. Om gue bilang ke Ibu begini, “Anakmu ora kembar. Suk kuwi raine cilik gor sak irus.” (Anakmu tidak kembar. Besok mukanya kecil cuma sebesar sendok sayur) Kejam kan Om gue. -____- Ternyata memang nggak kembar. Kata Ibu, gue cuma kembar air. Nggak tau deh tu maksudnya gimana. Intinya gue nggak kembar. Berdasarkan vote di group kelas gue waktu SMA di FB, ternyata mereka setuju kalo gue kembar bakal muncul perang dunia ketiga. Terima kasih teman-teman. -____- Dan muka gue nggak sak irus. Gue lahir lucu dan matanya sipit. Kayak Chinese. Ahahaha.

waktu SMA gue dipanggil Mimi.
Yah. Intinya gue sayang sama orangtua gue. Ibu adalah orang paling sabar yang gue kenal. Kesabaran beliau tanpa batas. Sabaaaaarrrr banget. Dan beliau hebat, tangguh, tegar, dan keren. Gue pengen besok kalo gue jadi Ibu, gue bisa sesabar dan setegar Ibu. Bapak, gue nggak begitu dekat dengan Bapak. Tapi beliau cukup memberi cerita tersendiri di hidup gue. Waktu kecil, kalo gue sakit, demam, atau asmanya kumat, biasanya kan kalo malem tidurnya jadi nggak nyenyak tuh, nah, kalo tidurnya udah nggak nyenyak, gue slalu minta gendong Bapak. Dan Bapak gue nggendong gue pakai selendang. Lalu diajak jalan-jalan keliling ruangan rumah, sambil dinina boboin. Dan pasti Bapak bakal berhenti di ruang tamu, duduk, gue tiduran dipangkuannya. Kadang Bapak sampe ketiduran juga. Kalo udah digendong Bapak begitu, besok paginya pasti sakitnya udah mendingan. Gue menyebut aktivitas itu “gendong lendhang”.

Bapak&Ibu waktu mbak Tanti merit

Mb Wid
            Mbak Wid itu kakak pertama gue. Jaraknya sama gue, 14 tahun. Udah merit dan sekarang tinggal di Lampung. Dia orangnya baik dan tegas. Dia punya English centre, alias tempat les bahasa Inggris namanya Green Leaves. Letaknya di Metro, Lampung. Kalo liburan, gue sering maen ke Metro buat ketemu sama ponakan gue.

Mb Tanti
            Mbak Tanti itu kakak kedua gue. Jaraknya sama gue, 11 tahun. Udah merit juga dan sekarang tinggal di Jakarta Selatan. Dia kerja di salah satu perusahaan provider internet. Yang ini nggak galak, dan baik sama gue. Kadang kalo liburan gue maen ke Jakarta, buat ketemu sama ponakan gue. Ponakan gue itu, asli, lucu-lucu banget. Anaknya mbak Wid, anaknya mbak Tanti, sama nggemesinnya. 

Mamas
            Mamas itu sebutan gue untuk kakak ketiga gue, Mas Sunu. Satu-satunya Son-nya Ibu. Jaraknya sama gue, 9 tahun. Dia belum merit dan sekarang tinggal di Jogja. Dia kerja sebagai tim artistik di Harian Jogja. Mamas gue itu sebenarnya baik, tapi cueknya minta ampun. Dulu waktu gue kecil, sering ngajakin gue maen nintendo. Gue paling sering berantem sama Mamas karena masa kecil gue memang ditemani Mamas. Mbak Wid dan Mbak Tanti sudah merantau ke Jogja waktu itu. Mamas dulu paling sering bilang kalo gue bukan anaknya Ibu, ampe gue nangis2. Mamas bilang, “Ibu tu cuma ambil kamu dari Rumah Sakit trus dibawa pulang.” Dan Ibu bilang ke gue, “lha..kan memang harus dibawa pulang. Kalo kamu bukan anaknya Ibu ya nggak tak bawa pulang.” 
Mamas iri ya, gara-gara nggak jadi menyandang predikat anak bungsu setelah aku lahir? Hahaha. Oya, dulu Mamas dibohongi Ibu. Mamas kan kepengen banget punya adek cowok, trus Ibu nyuruh mamas nempelin pipi di perut Ibu, kalo nanti adek yang di dalem perut nendang, berarti adeknya cowok. Dan ternyata nendang beneran. Seneng lah Mamas gue. Padahal kan bayi emang nendang2 gitu, mau cewek atau cowok tetep nendang2. Pas lahir, ternyata cewek. Hahaha. Nggak nyesel kan mas, adeknya ternyata cewek?
gue sama kakak-kakak gue jaman dulu. 

Kakak-kakak gue inilah yang rajin mengirimi gue uang bulanan. Hehehe. Makasih ya kakak-kakakku tercinta. Kadang gue menikmati nasib gue yang terlahir sebagai anak bungsu. Temen-temen gue ada yang bilang, “enak ya jadi anak bungsu, apalagi kakaknya udah pada kerja.” Gue cuma nyengir kalo ada yang bilang begitu. Dikiranya kalo anak bungsu, trus kakaknya udah pada kerja, gue pengen apa-apa trus diturutin gitu kali ya? Nggak juga lah. Mereka kan juga punya kebutuhan. Enaknya jadi anak bungsu adalah, gue punya kakak. Ya. Apalagi mereka jauh lebih tua dari gue, tentu saja pengalaman mereka jauh lebih banyak daripada gue. Itulah. Gue sering dapet nasehat dari mereka, termasuk dalam menentukan jurusan kuliah. Tapi kadang gue juga kepengen ngrasain jadi kakak. Gue pengen punya adek.

Sela
            Sela itu adek kelas gue waktu SMA yang gue daulat buat jadi adek gue. Waktu itu dia kelas 10 dan gue kelas 12. Gue kepengen punya adek, dan dia kepengen punya kakak cewek karena kakaknya cowok semua. Ya sudah. Kami pun setuju untuk jadi kakak beradik. Sela tau semua tentang gue. Gue selalu nggak enak kalo curhat sama kakak2 gue, karena jarak umur kami terlalu jauh. Tapi sama Sela gue bisa curhat apapun yang gue mau. Dia jadi teman cerita terbaik gue waktu SMA. Walaupun sekarang komunikasi kami bad, tapi gue tetep anggep dia adek gue, dan dia termasuk orang paling berpengaruh dalam hidup gue. Apapun kata orang tentang dia, gue nggak peduli. Dia udah berpengaruh banyak di hidup gue. Termasuk bikin gue suka sama hamster. See kan? Dia sangat berpengaruh.

sama Sela di Telaga Sarangan
Anas
            Temen kost dan sekelas sama gue. Tiap hari gue pulang pergi ke kampus nebeng motornya karena gue nggak punya motor dan nggak bisa naik motor. Kadang gue nggak enak gitu kalo dia sakit, tetep dia yang bawa motornya, gue nggak bisa bantu apa-apa. Mau gimana lagi, gue parno mengendarai kendaraan. Bentar lagi dia pindah kost dan gue harus siap mengandalkan kaki gue untuk melangkah sendiri ke kampus.

bareng Anas jadi tim HGT
Beruang
            Dia temen gue, sama-sama dari Lampung tapi beda daerah. Satu kampus tapi beda jurusan. Baru kenal 8 bulanan ini, tapi gue ngerasa cukup dekat sama dia karena setiap hari berkomunikasi lewat SMS. Tentu saja nama aslinya bukan ‘beruang’. Itu cuma sebutan doank, kayak dia yang dulu sering manggil gue ‘kecil’. Nggak tau kenapa, gue lebih suka dia manggil gue ‘kecil’ dari pada ‘tika’. Dia tempat gue mengeluh ngantuk, panas, laper. Pokoknya semua keluhan gue semprotin ke dia. Lagi ngantuk di kelas, gue ngadu sama dia. Sebenernya sih biar dia mau nemenin gue ngobrol selama gue di kelas, biar ngantuknya ilang. Hahaha.

            Itulah mereka, orang-orang di sekitar gue, yang menuliskan cerita berbeda-beda di hidup gue. Masih banyak yang lain..terlalu banyak untuk dituliskan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar